Mual dan Muntah

Mual dan Muntah

Lifestyle

Rasa mual seringkali terjadi pada kita. Hal itu bisa terjadi dikarenakan banyak hal. Bisa mulai keracunan makanan, makan terlalu banyak, ketidakcocokan terhadap makanan, maupun kehamilan. Rasa cemas atau bahkan serangan jantung juga bisa dimulai dengan rasa mual. Mual sendiri secara definisi merupakan perasaan pusing dan tidak nyaman di perut yang datang sebelum memuntahkan isi perut.

            Rasa mual secara keseluruhan tidaklah menyakitkan, tapi memunculkan rasa umum yang membuat Anda merasa tidak sehat, dan sulit untuk melakukan aktivitas normal. Meskipun begitu, mual bisa jadi merupakan tanda dari kondisi yang lebih serius dan membutuhkan penanganan segera.

            Mual sendiri biasa dikaitkan dengan muntah, karena biasanya muntah selalu diawali dengan rasa mual. Muntah sendiri merupakan sebuah gejala berupa keluarnya isi lambung dan usus melalui mulut secara dipaksa. Dari pengertiannya, muntah sendiri diartikan sebagai sebuah gejala dan bukan termasuk penyakit. Muntah terjadi melalui mekanisme yang sangat kompleks. Muntah terjadi apabila terdapat kondisi tertentu yang merangsang pusat muntah. Lalu dilanjutkan ke diafragma yang mengakibatkan peningkatan tekanan di dalam perut dan mengakibatkan keluarnya isi perut sampai ke mulut.

            Penyebab muntah sangatlah beragam. Seperti infeksi virus khususnya rotavirus. Virus inilah yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit yang biasa kita sebut muntaber. Hal ini biasa terjadi di kalangan anak kecil. Penyebab muntah pada anak dan penanganannya  sendiri sangatlah beragam. Namun, saat mengatasi muntah pada si kecil, seringkali kita sebagai orang tua merasa panik. Muntah yang berlangsung sebentar dan sesekali kemungkinan tidak berbahaya, namun muntah pada anak yang terjadi berhari-hari, frekuensinya sering, dan banyak yang dimuntahkan sebaiknya segera dicari tahu penyebabnya agar bisa diatasi secepat mungkin.

            Jajan sembarangan juga menjadi penyebab umum si kecil muntah. Hal ini disebabkan karena anak tidak menyadari menelan zat beracun atau bahan kimia yang terdapat di dalam jajanan yang terkontaminasi tersebut. Sedangkan, seperti yang dikutip dari guesehat.com bahwa penyebab muntah yang paling umum terjadi pada bayi di atas 3 bulan ialah infeksi saluran pencernaan.