Pulau Kemaro dan Objek Wisata Lain di Sekitarnya

Pulau Kemaro dan Objek Wisata Lain di Sekitarnya

Wisata

Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat layak untuk dikunjungi. Salah satu tempat yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata liburan selanjutnya adalah Pulau Kemaro. Tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan karena memiliki beberapa hal unik yang sayang untuk dilewatkan. Pertama, salah satu landmark terkenal dari Pulau Kemaro adalah adanya pagoda yang terdiri dari sembilan lantai. Landmark yang berada di Kota Palembang ini akan lebih ramai ketika waktu perayaan Imlek tiba. Bahkan, beberapa ruangan pagoda digunakan sebagai tempat menginap orang-orang yang mengisi acara di perayaan tersebut. Saat perayaan Imlek dilaksanakan, pengunjung bisa datang ke lantai pagoda paling tinggi. Di sana para wisatawan bisa menikmati pemandangan Kota Palembang yang indah.

Selain adanya pagoda sembilan lantai, Pulau Kemaro juga memiliki daya pikat berupa adanya Klentheng Hok Tjing Rio. Klentheng yang juga dikenal dengan nama Klentheng Kuan Im ini menarik minat wisatawan karena terdapat makam salah satu saudagar kaya yang berasal dari Cina bernama Tan Bun An. Menurut legenda yang berkembang di masyarakat, kisah cinta yang dimiliki Tan Bun An dan Siti Fatimah merupakan asal terbentuknya Pulau Kemaro.

Bila Anda tertarik untuk berkunjung ke Pulau Kemaro, Anda harus menggunakan speedboat terlebih dahulu untuk menyeberangi Sungai Musi. Anda bisa berangkat menggunakan speedboat dari dermaga yang terletak di Benteng Kuto Besak. Kira-kira, waktu yang Anda butuhkan untuk sampai ke Pulau Kemaro dari dermaga adalah 20 menit. Menurut penuturan yang dilakukan penduduk setempat, Pulau Kemaro tidak bisa tenggelam. Bila air Sungai Musi sedang meluap, Pulau Kemaro akan terlihat seperti mengambang.

Objek wisata yang lain

Jika Anda pergi menuju Pulau Kemaro, tidak ada salahnya untuk mengunjungi objek wisata lain yang juga menarik. Di bawah ini akan disebutkan beberapa pilihan yang bisa Anda ambil untuk menghabiskan waktu di Kota Palembang.

  1. Masjid Agung Palembang

Pilihan pertama sangat tepat bila Anda ingin melakukan wisata religi. Masjid Agung Palembang bisa Anda jadikan opsi untuk menghabiskan waktu selama di Palembang. Anda bisa menunaikan kewajiban sebagai seorang muslim dengan mendirikan salat di masjid tersebut. Tempat ibadah ini memiliki arsitektur yang apik sehingga membuat Anda nyaman untuk sekadar berjalan-jalan di sana. Bila Anda lapar, tidak ada salahnya untuk membeli beberapa jenis makanan yang dijajakan di luar masjid.

  1. G Art Studio

Pilihan objek wisata di nomor ini sangat penting untuk dikunjungi bagi Anda yang ingin menambah dokumentasi liburan. G Art Studio berisi beberapa tempat foto dengan beragam background yang sangat menarik untuk dicoba. Tempat wisata ini juga sangat seru apabila Anda mengunjunginya bersama dengan anak-anak. Kreativitas ketika mengambil foto akan sangat teruji di tempat ini.

  1. Jembatan Ampera

Landmark unik lainnya yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Palembang adalah Jembatan Ampera. Jembatan panjang ini sangat cocok digunakan sebagai latar belakang foto. Hal ini dilakukan untuk menjadi kenang-kenangan bahwa Anda pernah mengunjungi kota yang terkenal dengan makanan khas bernama mpek-mpek. Jembatan Ampera juga sangat bagus bila dinikmati ketika hari sudah malam karena adanya lampu warna-warni yang menghiasinya.

Semoga penjelasan di atas bisa menambah keyakinan Anda untuk segera mengunjungi Pulau Kemaro dan objek wisata lain yang ada di Palembang. Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas yang dijajakan berupa mpek-mpek.